Operator Dalam Bahasa Pemrograman Java

Menurut saya kata operator ini sering didengar di telinga kita, misalnya operator seluler, lantas apa sih arti atau makna kata operator ini? Apakah sama antara operator seleluer dengan operator yang berkaitan dengan pemrograman??

Operator Seluler adalah orang yg bertugas menjaga, melayani, dan menjalankan suatu peralatan.

Arti kata operator dalam bahasa pemrograman menurut saya adalah symbol yang digunakan untuk menjalankan operand atau bisa juga symbol yang bertugas menjalankan suatu peralatan. Kata operand ini yang berarti nilai yang menjadi input operasi.

Secara umum bahasa java mengenal 6 jenis operator, dimana salah satunya operator bitwise, operator bitwise saya sendiri belum paham jadi saya tidak akan membahas operator ini 😀 , operator yang akan saya bahasa adalah :

Operator Aritmatika

Sebenenarnya kata aritmatika sama aja dengan kata aritmetika, aritmatika adalah cabang ilmu hitung tertua matematika yang mempeljari operasi dasar bilangan. Java mengenal adanya operator aritmatika seperti : penjumlahan,pengurangan,perkalian,pembagian dan modulo.

Operator Aritmatika

Operator Penugasan

Ada 5 jenis  operator penugasan pada java :

operator penugasanOperator Pembanding

Dari kata pembanding aja kita bisa ambil kesimpulan bahwa operator ini digunakan untuk membandingkan.

operator pembanding

Operator Logika

Operator logika ini terdiri dari

  1. Dan
  2. Atau

Dalam bahasa matematika biasanya disebut Disjungsi Dan Konjungsi, maaf saya ga bahas matematika disini :P, operator logika ini erat kaitannya dengan operator pembanding di atas, kenapa saya bilang erat, ya jelas erat karena untuk menggabungkan data dibandingkan  perlu adanya operator logika ini, mungkin sedikit membingungkan, ntar di bawah saya kasih link contoh project operator :).

Operator Logika

Operator Unary 

operator ini secara fungsi yaitu untuk memanipulasi variabel itu sendiri.

operator unary

Untuk contoh project Operator-operator di atas bisa di unduh di git hub Operator

7 Comments

Filed under Java Fundamental

7 responses to “Operator Dalam Bahasa Pemrograman Java

  1. Pingback: Percabangan IF, IF-Else, IF-Bersarang | Naml

  2. Mas, bagaimana mengatasi frame yang saya bikin di Matisse, yang jika dijalankan seringkali ter-resize sendiri sehingga tampak cropped? Sangat jelek, dan tidak profesional. Saya tes JAR saya di Ubuntu, jalan sempurna (meski tak jarang resized juga). Saya tes di Windows 7, malah lebih sering resized-nya.

    Saya sudah atur semua properti yang berkaitan dengan size. Saya menggunakan AbsoluteLayout. Bagaimana menyelesaikan masalah ini, Mas?

    Saya sangat menanti jawaban mas…

    • Terimakasih sudah berkomentar, 😀 , pertanyaanya udah saya jawab n bales lewat message Fb mas 😀

      • Wow, bagaimana mas tahu saya ada akun fesbuk? Terima kasih. Saya buka dulu…

      • Waduh, ndak ada message masuk ini, Kang. Gimana kalau e-mail teknoloid@gmail.com saja? Semoga blog akang jadi sukses buat tambahan pahala akang.

      • Waduh,…berarti q salah kirim message ke Fb orang padahal nick FBnya sama kaya hehehehe,
        kalau boleh tahu anda pake JDK versi berapa n pake IDE apa ???, n kalau layoutnya pake freedisgn atau border layout masalhnya tetap sama engga ?,
        berdasarkan yang saya ketahui JDK n IDE jga berpengaruh… ada JDK yang pernah saya temui di laptop teman saya… pada JDK tersebut paket java.util.date tidak tersedia.. disitu …. (Kemungkinan korup pas donwload atau masalah lain ).
        terus pada netbeans terbaru n jdk terbaru kali ini… textfield, viewport tidak bisa di render menjadi transparant….
        ya hanya itu yang saya tahu… saya juga masih perlu belajar banyak , ngomong2 pake ubuntu versi berapa nieh ???

  3. Pingback: Perulangan | Naml

Leave a comment